Motivasi Kelas IX Dalam Menghadapi USBN, UAMBNBK dan UNBK


Di Posting oleh: Pondok Pesantren Al-Hamid | Pada: 30 Januari 2019 - 15:11


Motivasi merupakan faktor penting yang selalu mendapat perhatian didalam berbagai usaha yang ditunjukkan untuk mendidik dan membelajarkan manusia, baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Biasanya pendidik merefleksikan perhatiannya terhadap motivasi peserta didik dengan berbagai pertanyaan seperti “ Mengapa peserta didik kurang dapat memusatkan perhatiannya pada pelajaran hari ini ? “ atau “ Masalah yang menjadi penyebab utama kegagalan peserta didik dalam belajar adalah motivasinya terhadap pelajaran rendah.

Semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sudah memasuki masa masa evaluasi pembelajaran siswa kelas 9 atau yang biasa disebut ujian, baik ujian yang bersifat lokal atau pun ujian yang bersifat nasional. Menyikapi hal tersebut, maka MTs Al- Hamid pagi ini hari Rabu Tanggal 30 Januari 2019 melaksanakan sebuah kegiatan motivasi bagi siswa kelas IX. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sejumlah 156 siswa dengan rincian 97 laki laki dan 59 perempuan. kegiatan motivasi ini bertema kan “ Kemalasan memang bisa menarik dan menyenangkan namun dengan bekerja keras kita akan jauh menghasilkan kesenangan, Selamat datang Para Calon Orang Sukses, Madrasah Tsanawiyah Al Hamid

Adapun tujuan kegiatan motivasi ini adalah dalam meningkatkan prestasi belajar  serta semangat peserta didik kelas 9, sehingga adanya usaha usaha yang dapat dilakukan peserta didik selama menjelang ujian. Kegiatan motivasi ini di berikan oleh Bp. Aries setiawan, S.Pt , yang berlangsung dari pukul 08.30 – 11.00 wib.

Pelaksanaan diawali dengan memberikan anak anak pengenalan tentang cara kerja otak kanan dan otak kiri agar dapat menjadi The Best leaner. Anak anak diberikan pertanyaan pertanyaan yang bersifat melatih ketangkasan dan kecakapan dalam menjawab pertanyaan, dan jangan tergesa gesa. Di sela sela permainan disisipi materi materi atau video video yang dapat membangun motivasi dan semangat untuk anak anak dapat lebih serius dalam belajar.

Selain itu juga anak anak di kenalkan beberapa tokoh melalui game siapa aku dengan cara diberikan ciri ciri dari tokoh tersebut, semisal tentang profil dan prestasi yang dicapai para tokoh. Hal ini bertujuan agar anak anak dapat mencontoh para tokoh tokoh yang sukses karena semangat belajar mereka. Diantara tokoh tokoh yang diberikah adalah presiden pertama kita yaitu Bp. Ir. Soekarno, dan para ulama ulama yang saat ini terkenal karena keilmuan mereka. Sang motivatorpun mengatakan “ Jika kita memiliki ilmu, maka dunia akan mengejar kita “, karena yang memberi kesuksesan bukanlah guru guru yang cerdas, tapi kesungguhan dari para peserta didik tersebut.

Diakhir kegiatan sebelum berdoa, anak anak diajak untuk merefleksikan diri tentang makna hidup atau biasa disebut Muhasabah. Dalam kegiatan ini anak anak diingatkan bagaimana mereka harus dapat membahagiakan orang tua, bagaimana belajar hidup didunia, karna kehidupan yang hakiki hanya di akhirat. “ Pemenang tidak akan menyerah, yang menyerah tidak akan menang “.

Alhamdulillah kegiatan dapat berakhir dengan baik, kami sebagia guru merasa terharu  melihat anak anak didik kami, mereka masih bisa meneteskan air mata pada saat muhasabah. Artinya hati hati mereka masih sangat bersih dan lembut. Semoga kegiatan motivasi ini memberikan manfaat untuk anak anak kelas 9.

Nurhasanah. S.Pd

Tags: , , , , , , , ,